Manfaat Internet

Jika kita mengakses ke Internet, maka kita dapat memperoleh banyak informasi diantaranya sebagai berikut.
1.     Informasi untuk kehidupan pribadi seperti kesehatan , hobby, rekreasi, pengembangan pribadi, rohani, social, dan lain sebagainya
2.     Ingormasi untuk dunia pendidikan dan pekerjaan seperti sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, bisnis, asosiasi profesi , asosiasi bisnis, dan lain sebahainya.

Hal yang paling menarik dari Internet adalah keanggotaannya tidak mengenal batas Negara, ras, kelas ekonomi, ideology atau factor factor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran.Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat dekomkratis serta memiliki kode etik yang digormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh malalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya pendidikan di Indonesia memanfaatkan jaringan Internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
Internet mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Misalnya, dengan hanya menggunakan mesin pencari seperti google, pengguna Internet dapat mengakses bermacam-maccam informasi dengan lebih mudah jika dibandingkan dengan mencari buku buku di perpustakaan.
1.     E-Learning
Istilah e-learning mungkin masih asing bagi dunia pendidikan di Indonesia.e-learning adalah suatu jenis pendidikan atau proses belajar mengajar yang menggunakan perangkat elektronik untuk menyampaikan bahan pelajaran ke siswa melalui media Internet,Intranet,jaingankomputer lainnya,maupun computer stand alone
Internet membuka sumber informasi yang sebelumnya susah diakses. Dengan internet, memungkinkan siswa melakukan komunikasi dengan sumvber ilmu secara levbih luas jika dibandingkan dengan hanya menggunakan media komvensional seperti buku dan perpustakaan.teknologi Internet dapat menunjang siswa yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan.
Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi masalah lagi.sebagai contoh, perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. Dengan adanya internet memungkinkan siswa atau pelajar di Indonesia daapt mengakses perpustakaan di amerika serikat berupa perpustakaan digital (digital library)
Beberapa keuntunganmenggunakan e-learning adalah sebagai berikut :

·        Mampu menjangkau cakupan wilayah geografis yang lebih luas
·        Dapat mengurangi biaya perjalanan
·        Dapat menghemat waktu proses belajar mengajar
·        Dapat menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan, seperti infrastukturm peralatan dan buku
·        Melatih pelajar atau pencari informai agar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuaan,.

2.     E-government
Pada bidang pemerintahan Internet juga berperan aktif dalam transparasi pelaksanaan pemerintahan e-gevorment. Beberapa manfaat e-gevorment adalah:
·        Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat,kalangan bisnis, dan industry, terutama dalam hal efisiensi dan efektifitas kinerja diberbagai kehidupan bernegara.
·        Meningkatkan transparansi dan mengontrol pentelenggaraan pemerintah dalam rangka penerapan komsep good corporate governance.
·        Mengurangi total biayan yang dikeluarkan pemerintah maupun masyarakat, kalangan bisnis, dan industry untuk keperluan relasi dan interaksi sehari-hari.
·        Memberdayakan masyarakat dan pihak lain sebagai mitra pemerintah dalam proses penentuan berbagai kebijakan public secara merata dan demokratis.

3.     E-commerce
Perkembangan Internet juga berpengaruh terhadap perkembangan  ekonomi.sebelum ada Internet, transaksi jual beli hanya dapat dilakuka dengan vcara tatap muka dan sebagian kecil melalui telepon. Namun, dengan Internet kita dapat bertransaksi jual beli dengan orang atau perusahaan di seluruh dunia tanpa hatus bertatap muka secara langsung. Fasilitas ini biasanya di sebut dengan e-commerce.
Saat ini, kebanyakan website untuk berbelanja secara online telah bermunculan di Internet. Dengan adanya website-website tersebut, kita dapat membeli beerbagai barang yang kita butukan dengan mudah. Kita tak perlu mendatangi took atau pabrik pembuat barang tersebut. Kita hanya perlu duduk di depan computer, mencari produk yang diinginkan, lalu memesannya secara online melalui Internet. Biasanya pembayaran dilakukan dengan memanfaatkan kartu kredit namun, ada juga yang menerima pembayaran di tempat, yaitu saat barang dipesan sudah tiba di tempat.model pembayaran biasanya menggunakan kartu kredit.
4.     E-Banking
E-banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukak melalui internet. Transaksi yang dapat dilakukan melalui e-banking antara lain pengecekan saldo,transfer uang, pembayaran tagihan, informasi rekening, dan sebagainya.

          Beberapa bank di Indonesia sudah mentediakan layanan e-banking. Para nasabahnya dibekali username dan password untuk dapat menggunakan layanan e-banking. Masalah keamanan merupakan isu utama dalam e-banking. Sebuah bank yang mentediakan layanan e-banking harus mampu menjamin bahwa hanya oran-orang yang berhak saja yang mengakses layanan tersebut.

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Santun Dan Baik...
Setiap Komentar yang Berbau Spam Akan Kami Hapus.
Jika Ada Kurang Jelasnya Anda Bisa Menghubungi Kami Di Facebook (driyanso)

[blogger][facebook][disqus]

Author Name

{instagram#http://instagram.com/kevinamrulloh}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.