Sejarah Internet

Internet Pada Awalnya Merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh departemen tertahanan Amerika Serikat pada Tahun 1969 melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) yang memutuskan untuk mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah computer sehingga membentuk jaringan organikprogram riset ini dikenal dengan nama ARPANet. Mereka menghubungkan beberapa computer berbasis UNIX melalui saluran telepon dalam jarak yang jauh sehingga computer-kompputer tersebut dapat saling berkomunikasi. Dalam proyek ini dirancang bagaimana bentuk jaringan,kehandalan, dan berapa besar data informasi yang dapat dipindahkan dari computer satu ke computer lain.
Jeringan pertama yang dibangun menghubung 4 tempat,yaitu UCLA (university of California Los angles), UCSVB (Unibersity of California Santa Barbara) university Of Utah Dan SRI (Stansofd Research Institute). Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih dari 20 komputer.ARPANet menjadi backbine Internetworking untuk intitusi pendidikan ,penelitian,industru,dan kontraktor terutama yang berkaintan dengan jaringan militer.
1972,Roy Tomlinson menyempurnakan program e-mail yang telah ia ciptakan setahun sebelumnya untuk ARPANet Degan memperkenalkan ikon @ sebagai lambing penting yang berarti “at”
1973,Jaringan ARPANet mulai berkembang ke luar Amerika serikat.Komputer University College Di London merupakan computer pertama di luar Amerika Serikat yang terhubung pada jaringan ARPANet.
1979,Tom Ttruscott,Steve vbellovin, dan Jim Ellis Membuat newsgroups pertama yang diberi nama USENet.
1982,TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Mulai digunakan sebagai sebuah protokl tesmi yang diakui oleh semua jaringan.
1982,Di Eropa Muncul jaingan komoputer tandingan yang dikenal dengan Eunetm yang menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENet.

Seiring dengan kemajuan teknologi, kecepatan akses Internet menjadi hal yang sangat penting. Semula, Akse internet Dengan Kecepatan 56 Kbps dianggap sudah vcukup memadai.Namun,saat ini kecepatan tersebut dianggap sangat lambat, Terutama untuk mengirim atau menerima file-file meultimedia yang berukuran besar.

Jaringan tanpa kabel (nirkabel) berkembang dengan pesat,mulai dari teknonogi WIFI (Wireless Fidelity), GPRS (General packet Radio Servie), Hingga 3G ( Third Generation Tecnology)sudah dapat kita nikmati saat ini.Jaringan Tanpa kabel tersebut memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi dibandingkan dengan jaringan kabel.


Jika Anda Ingin Download File nya Silahkan Download Di Link Ini...



Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Santun Dan Baik...
Setiap Komentar yang Berbau Spam Akan Kami Hapus.
Jika Ada Kurang Jelasnya Anda Bisa Menghubungi Kami Di Facebook (driyanso)

[blogger][facebook][disqus]

Author Name

{instagram#http://instagram.com/kevinamrulloh}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.