Seluk Beluk NIC

Hello, Friends,.. J Welcome Back to Driyanso, sekarang kita akan membahas tentang dunia TKJ , atau dunia  Teknik Komputer Dan Jaringan. Yang kemarin diawali Dengan Cisco Dan Media Transmisi Kini Kita akan Membahas tentang NIC. NIC artinya NETWORK INTERFACE CARD Yang juga bisa disebut dengan Network Card. NIC memiliki peran penting dalam jaringan, namanya saja network card, atau Kartu jaringan ya.. pastinya sangat harus diperharikan saat kita mau menghubungkan kemputer ke jaringan yang lain.
   Setiap NIC memiliki identitas sendiri, maksudnya 1 per 1 nic di dunia tidak boleh memiliki identitas yang sama yaitu MAC Address, mac address bukan berarti alamat brand apple, macbook atau apa. Mac address adalah suatu identitas dan alamat yang digunakan untuk menandai NIC tersebut. Nah,, NIC ada dua macam nih, yang pertama
1.       NIC yang bersifat fisik : NIC yang berupa kartu yang bisa ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer yang berupa Karu dengan Bus ISA, Bus MCA, Bus PCI.atau juga berupa USB contoh : Bus USB, PCMCIA, Bus Serial, Bus Paralel atau Express Card. Yang bisa digunakan untuk user yang pekerjaannya mobile.
2.       NIC yang bersifat Logis : NIC yang tidak ada secara fisik, jadi NIC ini seperti virtual yang dapat diinstall di O.S. Contoh : Loopback adapter yang merupakan NIC dari O.S Microsoft Windows yang harus diinstall secara manual atau dalam sistem operasi keluarganya UNIX, dan juga NIC ini terunstall secara default, dengan nama intercae lo.
   NIC memiliki tugas penting dalam negubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial, sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.nah, ada Media yang umum dipakai antara lain : UTP category 5 atau Encanced Category 5 ( Cat5e ), kabel fiber optic, atau Wireless ( Radio ) bisa memang tanpa kabel.
   Agar komputer dapat berkompunikasi dengan, maka harus menggunakan metode yang satu ini, metode ini disebut dengan I/O yang dipetakan ke memori, Direct Memory Acces ( DMA ). Atau memory yang digunakan bersama – sama. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda, sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan frame ini, akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan kesalahan. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel fiber-optic), atau gelombang mikro (jika menggunakan radio/jaringan tanpa kabel).

NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung, diinstalasikan di dalam firmware, atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi.

Sekian ya Dio friend, pembahasan singkat tentang NIC ( Network Interface Card ) atau kartu yang digunakan untuk menghubungkan Media transmisi dengan komputer.

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan Santun Dan Baik...
Setiap Komentar yang Berbau Spam Akan Kami Hapus.
Jika Ada Kurang Jelasnya Anda Bisa Menghubungi Kami Di Facebook (driyanso)

[blogger][facebook][disqus]

Author Name

{instagram#http://instagram.com/kevinamrulloh}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.